Rabu, 02 Maret 2016

SCHIZOPHRENIA, Kenali sekarang siapa tahu anda salah satunya

Standard

(Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Skizofrenia_paranoida)
Skizofrenia paranoida adalah jenis yang paling umum dari skizofrenia. Orang yang menderita penyakit ini sering mengalami ketakutan, delusi (kepercayaan yang salah) dan biasanya diikuti oleh halusinasi (suara atau hal lainnya yang dianggap ada, tetapi sebenarnya tidak ada). Penderita juga akan merasa bahwa ada seseorang yang akan menyakiti mereka. Sulit bagi orang lain untuk meyakinkan penderita bahwa dirinya tidak akan disakiti. Orang dengan kondisi ini akan banyak menghabiskan waktu untuk berpikir tentang bagaimana melindungi diri mereka dari orang yang dianggap akan menyakitinya. Gejala dari orang yang menderita skizofrenia paranoida adalah menjadi terisolasi secara sosial, merasa tegang dan curiga, perasaan berlebihan terkait perlindungan terhadap dirinya, memiliki perasaan cemburu yang tidak realistis dan mendengar hal-hal yang sebenarnya tidak ada.
Biasanya orang dengan skizofrenia paranoida memiliki sedikit masalah dengan memori, ketumpulan emosi dan konsentrasi dibandingkan dengan tipe skizofrenia yang lain. Skizofrenia paranoid bahkan bisa menjadi kondisi kronis (jangka panjang atau seumur hidup) yang akhirnya menyebabkan komplikasi, termasuk pikiran dan perilaku bunuh diri.
Ciri -ciri orang SCHIZOPHRENIA
( Sumber : http://www.bintang.com/lifestyle/read/2447086/10-tanda-peringatan-dini-dari-penyakit-schizophrenia)
(1) Perubahan dalam bergaul atau memilih teman dan peurunan nilai, 
(2) mengalami masalah kesulitan tidur, 
(3) emosional atau gampang marah, 
(4) mengalami gangguan kognitif (muncul di masa kanak-kanak), 
(5) kesulitan membedakan mana kenyataan dan imajinasi,
(6) menarik diri dari lingkungan sekitar, 
(7) terlalu curiga, 
(8) memiliki cara berpikir dan berbicara yang aneh,
(9) paranoid,
(10) memiliki anggota keluarga yang juga mengalami gangguan kejiwaan.

Lalu apa yang ingin kita bahas disini? penyakit SCHIZOPHRENIA merupakan suatu yang menarik untuk didalami oleh penulis, sedikit cerita penulis mengalami gejala ini pada saat kecil, dimana dengan membayangkan aku bakal merasa tenang dan rasa takutku hilang. Waktu kecil aku adalah orang yang sangatlah penakut, terlebih setelah menonton film alien vs predator dimana bayangan mengerikan predator selalu muncul dikepala aku dan membuatku sangat ketakutan untuk keluar. Hal yang biasanya aku lakukan adalah membayngkan diriku menjadi "Super Hero" dan hal itu membuatku tenang dan aku memiliki teman hayalan saat itu dan hal ini daku lakukan hingga aku beranjak remaja saat ini. akan tetapi beranjak  dewasa aku menyadari hal yang kulakukan itu merupakan kelainan hingga aku mencari kejelasan tentang masalahku ini hinnga kutemui istilah SCHIZOPHRENIA. Sejak aku pelajari mengenai penyakit ini kuubah gaya hidupku dan disini aku ingin mengeshare hal ini karena aku tau diluar sana banyak penderita penyakit ini selain aku yang semoga bisa tersadar dan mulai memperbaiki hidup seperti yang sedang dilakukan penulis. ,- (BVD)


0 komentar:

Posting Komentar